Selasa, 16 Februari 2010

ANCAMAN TERHADAP AKHLAK – AKHLAK
YANG TERCELA

1.Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata : Rasulullah saw bersabda : “Jauhilah sifat hasad karena hasad dapat memakan kebaikan-kebaikan sebagaiman api memakan kayu.” (HR. Abu Dawud)
Didhaifkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Adh-Dhaifah (1902)

2.Masih dari Abu Hurairah ra ia berkata : Rasulullah saw bersabda : “Orang kuat itu bukanlah orang yang jago bergulat. Akan tetapi orang kuat adalah orang yang dapat menahan dirinya ketika marah.” (Muttafaqun’Alaihi)
(HR Al-Bukhari dalam kitab shahihnya, no.6114 dan Muslim dalam kitab shahihnya, no.6114 dan Muslim dalam kitab Shahihnya, no.2609, dengan sanad yang shahih.

3.Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda :”Kezhaliman itu adalah kegelapan pada hari kiamat.” (Muttafaqun’Alaihi)
(HR Al-Bukhari dalam kitab Shahihnya no.2447 dan Muslim dalam kitab shahihnya no.2579, hadist ini diriwayatkan dengan sanad shahih.)

4.Diriwayatkan dari Jabir ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : “Jauhilah kezhaliman, karena kezhaliman itu adalah kegelapan pada hari kiamat. Jauhilah sifat kikir karena kikir itulah yang membinasakan orang-orang sebelum kamu.” (HR Muslim)
(HR Muslim dalam kitab Shahihnya no. 2578, dengan sanad Shahih.

5.Diriwayatkan dari Mahmud bin Labid ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : “Sesungguhnya perkara yang paling aku takutkan atas kalian adalah syirik kecil.” (HR. Ahmad dengan sanad hasan)
(HR Ahmad dalam kitab Al-Musnadnya (V/428-429) dan Al-Baghawi dalam kitabnya Syarhus Sunnah. Hadist ini dinyatakan shahih oleh Syaikh Al-Albani dalam kitabnya Silsilah Ash-Shahihah)

6.Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata : Rasulullah saw bersabda : “Ciri-ciri orang munafik ada tiga : Jika berbicara ia berdusta, jika berjanji ia pungkiri dan jika diberi amanat ia khianat.” (Muttafaqun ‘Alaihi)
(HR Al-Bukhari dalan kitab shahihnya no.33 dan muslim dalam kitab shahihnya, no.59, dengan sanad yang shahih.)

7.Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud ra, ia berkata : “Rasulullah saw bersabda : “Mencaci maki orang muslim adalah perbuatan fasik dan membunuhnya adalah perbuatan kufur.” (Muttafaqun ‘Alaihi)
(HR Al-Bukhari dalam kitab Shahihnya no.6044 dan Muslim dalam kitab Shahihnya, dengan no,64, dengan sanad Shahih.)


8.Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra Rasulullah saw bersabda :”Jauhilah prasangka karena prasangka adalah sedust-dusta perkataan.” (Muttafaqun Alaihi)
(HR Al-Bukhari dalam kitab shahihnya no.5143 dan Muslim dalam kitab Shahihnya no.2563, dengan sanad yang shahih).

9.Ma’qil bin Yasar ra ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah saw bersabda : “Tidaklah seorang hamba yang Allah percayakan ia untuk memimpin rakyat lalu ia mati dalam keadaan menipu rakyatnya melainkan Allah haramkan atas surga.”
(HR Al-Bukhari (Kitab Fathul Baari : XIII/126-127), Muslim dalam kitab Shahihnya, no.142, dan hadist ini adalah lafazh beliau dengan sanad yang shahih).

10.Diriwayatkan dari Aisyah ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : “Ya Allah, barangsiapa diamanahi mengatur urusan umatku lalu ia buat mereka susah maka susahkanlah ia.” (Muttafaqun’Alaihi)
(HR Muslim dalam kitab Shahihnya no.1828 dari Jalur Abdurrahman bin Syamamah dengan sanad yang shahih.)

11.Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata : Rasulullah saw bersabda : “Jika seseorang dari kamu berperang hendaklah ia menghindari memukul wajah.” (Muttafaqun ‘Alaihi)
(HR Al-Bukhari dalam kitab Shahihnya no.2550, Muslim dalam kitab Shahihnya, no.2612, dan hadist ini adalah lafazh beliau dengan sanad yang Shahih. Untuk mendapatkan hadistnya secara lengkap silahkan lihat kita At-Tauhid, Karya Imam Ibnu Khuzaimah, hal 35)

12.Masih dari Abu Hurairah juga, bahwa seorang lelaki berkata : “Wahai Rasulullah, berilah aku nasihat.” Rasul berkata : “Jangan marah !” ia terus mengulangi pertanyaannya dan Rasul tetap menjawab “ Jangan Marah.”
(HR Al-Bukhari dalam kitab Shahihnya, no.6116, dengan sanad yang shahih)

13.Diriwayatkan dari Khaulah Al-Anshariyah ra, ia berkata “Rasulullah saw bersabda : “Sesungguhnya ada beberapa orang yang menggunakan harta Allah tanpa hak. Maka bagi mereka neraka pada hari kiamat. (HR Al-Bukhari)
(HR Al-Bukhari dalam kitab Shahihnya no.3118 dengan sanad yang Shahih)

14.Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : “Janganlah berbantah-bantah dengan saudaramu sesama muslim. Jangan berseloroh terhadapnya. Dan janganlah engkau janjikan sesuatu kepadanya lalu engkau memungkirinya.” (HR. At-Tirmidzi dengan sanad dhaif)
(HR Shahih Al-Jami’ Ash Shaghir) (2832,6288).

15.Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda “Dua sifat yang tidak bisa terkumpul pada diri seorang mukmin : Bakhil dan Akhlak tercela.” (HR. At-Tirmidzi). Dalam sanadnya terdapat kedhaifan.
(HR At-Tirmidzi no.1962 beliau berkat : ”Hadits ini adalah hadist Gharib, kami tidak mengetahuinya kecuali dari Jalur Shadaqah bin Musa.”Beliau adalah seorang perawi yang dha’if dan jelek hafalannya. Hadits ini dinyatakan dha’if oleh Syaikh Al-Albani dalam kitabnya Dha’if At-Tirmidzi no.1995 dan Misykat no.4892.

16.Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : “Dua orang yang saling maki-memaki terdapat sesusai apa yang mereka ucapkan. Dan dosanya atas memualainya selama pihak yang teraniaya tidak melampaui batas. (HR.Muslim)
(HR Muslim dala kitab Shahihnya no.2487 dengan sanad Shahih)

17.Diriwayatkan dari Abu Shirmah, ia berkata : Rasululullah saw bersabda : “Barangsiapa mencelakakan seorang muslim niscaya Allah akan mencelakakan dirinya. Dan barangsiapa menyusahkan seorang muslim niscaya Allah akan membuatnya susah.” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi, ia menghasankannya)
(Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dari Abu Sharmah, Shahih Al-Jami’ Ash-Shaghir (6248)

18.Diriwayatkan dari Abu Darda ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda :”Sesungguhnya Allah Membenci orang yang keji dan kotor kata-katanya,” (HR. At-Tirmidzi dan dishahihkan olehnya)
(HR Ash-Shaqhir (320) dan Shahih Al-Jamu’ Ash-Shaghir (5257)

19.Diriwayatkan juga oleh At-Tirmidzi dari Abdullah bin Mas’ud secara marfu’ dari Rasulullah saw : “Seorang mukmin bukanlah orang yang suka mencela dan suka mengutuk serta bukan pula orang yang keji dan kotor kata-katanya.”Hadits ini dihasankan oleh At-Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al-Hakim. Akan tetapi Ad-Daraaquthni menguatkan riwayat mauqufnya (dari perkataan Ibnu Mas’ud)
(HR Ahmad dalam kitab Al-Musnadnya no.3839. Syaikh Ahmad Syakir dalam mengomentari hadits ini pada catatan kaki kitab Al-Musnadnya Imam Ahmad berkata,”Sanadnya Shahih.” Juga diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dalam kitab Sunannya no.1977 dan dinyatakan shahih oleh Syaikh Al-Albani dalam kitabnya Shahih Sunan At-Tirmidzi no.320.)

20.Diriwayatkan dari Aisyah ra, ia berkata : “Rasulullah saw bersabda “Janganlah mencaci orang-orang yang sudah mati. Karena mereka telah sampai kepada apa yang mereka lakukan.”(HR Al-Bukhari)
(HR Al-Bukhari dalam kitab Shahihnya no,1393 dengan sanad yang Shahih

21.Diriwayatkan dari Hudzaifah ra, ia berkata : “Rasulullah saw bersabda : “Tidak akan masuk surga orang yang akan suka memfitnah.” (Muttafaqun Alaihi)
(HR Al-Bukhari dalam kitab shahihnya no.6056 dan muslim dalam kitab shahihnya no.105 dengan sanad yang shahih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar