Selasa, 16 Februari 2010

KITAB THAHARAH BAB AL-MIYAAH (AIR)

KITAB THAHARAH
BAB
AL-MIYAAH (AIR)
Sumber dari Kitab Terjemah Bulughul Maram
Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani


1.Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata Rasulullah saw bersabda tentang air laut : “Air laut itu suci dan halal bangkainya. “(diriwayatkan oleh imam yang empat, Ibnu Syaibah dan ini merupakan lafazh). Hadist ini telah dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah, At-Tirmidzi dan diriwayatkan oleh Malik, Asy Syafi’i dan Ahmad.
(HR.Abu Dawud (I/83), At-Tirmidzi (I/69) dan beliau berkata, “Derajat hadist ini hasan shahih”, An-Nasa’i (I/176), Ibnu Majah (I/386) dll).

2.Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudry ra, ia berkata, Rasulullah saw bersabda : “Sesungguhnya air itu suci, tiada sesuatupun yang dapat menajiskannya.” (Hadist ini diriwayatkan oleh imam yang tiga). Dishahihkan oleh Ahmad.
(HR.Abu Dawud (I/66), At-Tirmidzi (I/66) dan beliau berkata, “Derajat hadist ini hasan)

3.Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra, ia berkata, Rasulullah saw bersabda : “Jika air sudah mencapai dua kulah tidak menerima Najis.” Dalam Lafazh lain berbunyi : “Tidak akan ternajisi”. (diriwayatkan oleh yang empat dan hadist ini dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Al-Hakim).
(HR Abu Dawud (I/63-65), At-Tirmidzi (I/67), An-Nasa’i (I/46) (I/75), Ibnu Hibban (I/1246), Ibnu Khuzaimah (I/92), Al-Hakim (I/133), dan telah dinyatakan shahih oleh Syaikh Ahmad Syakir dan Al-Albani.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar