Selasa, 16 Februari 2010

A D A B

KITAB
A D A B

1.Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata : “Rasulullah saw bersabda : “Hak seorang muslim atas muslim yang lain ada enam : 1. apabila engkau bertemu dengannya hendaklah engkau memberikan salam kepadanya; 2. Apabila ia mengundangmu hendaklah engkau penuhi undangannya; 3. Apabila ia meminta nasihat kepadamu hendaklah engkau menasihatinya; 4. Apabila ia bersin lalu mengucapkan,”Alhamdulillah” hendaklah engkau mendoakannya; 5. Apabila ia sakit hendaklah engkau menjenguknya; 6. Apabila ia mati hendaklah engkau mengiringi jenazahnya. (HR Muslim)
(HR Muslim dalam kitab Shahihnya (V/2162), dengan sanad yang shahih)

2.Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata : “Rasulullah saw bersabda : “Lihatlah kepada orang yang keadaannya dibawahmu dan janganlah engkau lihat orang yang keadaanya diatasmu. Karena demikian itu lebih patut sehingga engkau tidak menganggap kecil nikmat Allah atasmu (Muttafaqun’Alaihi)
(HR Muslim dan hadist ini adalah lafazh beliau (IX/2963), dengan sanad yang shahih. Adapun lafazh hadist yang diriwayatkan oleh muttafaqun ‘Alaihi adalah,”jika salah seorang dari kalian melihat seseorang yang memiliki kelebihan dalam harta dan fisik, maka lihatlah kepada orang derajatnya di bawah orang tersebut baik dalam harta maupun fisik.” Lihat Al-Bukharri no.6490 dan Muslim (VIII/2963).

3.Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata : “Rasulullah saw bersabda : “Lihatlah kepada orang yang keadaannya dibawahmu dan janganlah engkau lihat orang yang keadaanya diatasmu. Karena demikian itu lebih patut sehingga engkau tidak menganggap kecil nikmat Allah atasmu (Muttafaqun’Alaihi)
(HR Muslim dan hadist ini adalah lafazh beliau (IX/2963), dengan sanad yang shahih. Adapun lafazh hadist yang diriwayatkan oleh muttafaqun ‘Alaihi adalah,”jika salah seorang dari kalian melihat seseorang yang memiliki kelebihan dalam harta dan fisik, maka lihatlah kepada orang derajatnya di bawah orang tersebut baik dalam harta maupun fisik.” Lihat Al-Bukharri no.6490 dan Muslim (VIII/2963).

4.Diriwayatkan dari An-Nawaas bin Sam’aan ra, ia berkata : Aku bertanya kepada Rasulullah tentang kebaikan dan dosa, beliau bersabda : “Kebaikan itu adalah akhlak yang baik dan kejahatan itu adalah sesuatu yang mengganjal dalam hatimu dengan engkau tidak suka orang lain mengetahuinya.” (HR Muslim)
(Shahih Al-Jami’Ash-Shaghir (7900) dan Ash-Shahihah (1148,1412)

5.Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : “Jika seseorang dari kalian makan maka janganlah ia membasuh tangannya sebelum ia menjilatinya atau dijilat orang lain.” (Muttafaqun’Alaihi)
(HR Al-Bukhari no.5456 dan Muslim No.2031)

6.Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda : “Hendaklah orang yang muda memberi salam kepada yang tua, orang yang berjalan kepada orang yang duduk dan rombongan yang sedikit kepada rombongan yang banyak. (Muttafaqun’Alaihi)
(HR Al-Bukhari no.6231 dan 6234 dengan sanad yang shahih)

7.Masih dari Abu Hurairah ra bahwasanya Rasulullah saw bersabda : “Janganlah seseorang dari kamu minum dengan berdiri.” (HR Muslim)
(HR Muslim no.2026 dengan sanad yang shahih. Adapun tambahan lafazh, “Apabila dia lupa duduk (sehingga minum dalam keadaan berdiri) maka hendaklah dia memuntahkan apa yang telah dia minum”,adalah dha’if. Lihatlah kitab Adh-Dha’ifah, karya Syaikh Al-Albani no.926)

8.Masih dari Abu Hurairah ra bahwasanya Rasulullah saw bersabda : “Apabila seseorang dari kamu memakai sandal hendaklah ia mulai dari yang sebelah kanan. Dan apabila hendak melepaskannya hendaklah ia mulai dari yang sebelah kiri. Hendaklah yang sebelah kanan yang pertama kali dipakai dan yang terakhir pula dilepas.” (Muttafaqun ‘Alaihi)
(HR AL-Bukhari No.5856 dan Muslim no.2097, dengan sanad yang shahih. Dan lafazh hadist ini adalah lafazh pada riwayat Imam Al-Bukhari)

9.Masih dari Abdullah bin Umar ra bahwasanya Rasulullah saw bersabda : “Apabila seseorang dari kamu makan hendaklah ia makan dengan tangan kanan. Dan apabila minum hendaklah dengan tangan kanan. Karena setan makan dan minum dengan tangan kiri.” (HR Muslim)
(HR Muslim no.2020, dengan sanad yang shahih.

10.Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda :”Allah tidak melihat kepada orang yang menjulurkan pakaiannya dengan kesombongan.” (muttafaqun ‘Alaihi)
(HR AL-Bukhari No.5783 dan Muslim no.2085, dengan sanad yang shahih.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar