Selasa, 16 Februari 2010

J I H A D

J I H A D

1.Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata : “Rasulullah saw bersabda : “Barangsiapa yang meninggalkan dan belum pernah berperang serta tidak pernah ada keinginan dalam hatinya untuk berperang, berarti matinya berada disalah satu cabang kemunafikan.” (HR.Muslim).
(HR. Muslim no.1910, dengan sanad shahih)

2.Dan diriwyatkan dari Anas bahwa Nabi saw bersabda : “Perangilah orang – orang musyrik dengan harta, jiwa dan lidah kalian.” (HR Ahmad dan An-Nasa’i).dishahihkan oleh Hakim
(Lihat Shahih Al-Jami’ Ash Shaghir (3085)

3.Dan diriwayatkan dari Aisyah ra bahwasanya ia berkata : “Aku Pernah bertanya kepada Rasulullah saw : “Ya Rasulullah ! apakah ada jihad bagi wanita ?” beliau menjawab : “Ada, yakni jihad yang bukan berperang yaitu melaksanakan haji dan Umrah.” (HR. Ibnu Majah dan asalnya tercantum dalam riwayat Al-Bukhari). (HR. Ibnu Majah (II/2901) dan lihat Al-Fath (VI/2875)

4.Dan diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra, ia berkata : “Seorang lelaki datang menghadap Rasulullah meminta izin agar dibolehkan ikut berjihad. Lalu beliau bertanya : “Apakah kedua orang tuamu masih hidup ?” ia menjawab :”Masih” lantas beliau bersabda : “berjihadlah (dengan cara berbakti) kepada keduanya.” (Muttafaqun’Alaihi).
(HR. Al-Bukhari no.3004 dan Muslim no.2549, dengan sanad yang shahih).

5.Dalam riwayat Ahmad dan Abu Dawud dari hadist Abu Sa’id dengan lafazh yang serupa dan menambahkan : “Kembalilah dan minta izin dari mereka, jika mereka mengizinkan kamu boleh berjihad, tetapi jika tidak, maka berbaktilah kepada keduanya.
(HR. Ahmad dalam kitab Al-Musnadnya (III.75-76) dan Abu Dawud no.2530, dan dinyatakan shahih oleh syaikh Al-Albani dalam kitabnya Shahih Sunan Abu Dawud no.2530.

6.Dan diriwayatkan dari Abu Musa Al-Asy’ary ra ia berkata : “Rasulullah saw pernah bersabda : “Barangsiapa berperang untuk meninggikan kalimat Allah berarti ia berada di Jalan Allah.” (Muttafaqun’Alaihi)
(HR. Al-Bukhari no.2810 dan Muslim no.2904 dengan sanad yang Shahih)

7.Dan diriwayatkan dari Samurah ra, ia berkata : “Rasulullah saw pernah bersabda : “Bunuh orang – orang dewasa kaum musyrik dan biarkan para wanita dan anak-anak kecil.” (HR.Abu Dawud dan dishahihkan oleh At-Tirmidzi)
(HR.Abu Dawud no.2670, dan hadist ini adalah lafazh beliau, At-Tirmidzi no.1583 dan dinyatakan dha’if oleh Syaikh Al-Albani dalam kitabnya Dha’if Abu Dawud. 2670)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar