Selasa, 16 Februari 2010

HIDUP DAN MATI

HIDUP DAN MATI

Dua perkataan tersebut, yaitu “HIDUP” dan “MATI” adalah dua hal yang pasti dirasakan oleh setiap makhluk yang berjiwa. Kalau makhluk itu hidup pasti akan mati. Sebab di dalam Al-Qur’an telah dikemukakan dalam berbagai tentang firman-firman Allah yang menegaskan bahwa Allahlah yang menjadikan hidup dan mati, dan Allah yang menghidupkan dan mematikan.
Jadi kita sebagai makhluk yang berjiwa (manusia), yang mana kita benar-benar telah merasakan hidup, sudah barang tentu kita pun pasti akan merasakan mati. Dalam Al-Qur’an hidup dan mati itu telah ditunjukkan dalam firman-firman Allah seperti dibawah ini :

Firman Allah Taala :
Artinya : “Maha Suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya.”
(QS. LXVII Al-Mulk : 1-2)

Firman Allah Taala :
Artinya : “Allah menghidupkan dan mematikan”.
(QS.III Ali ‘Imran : 156)

Firman Allah Taala :
Artinya : “Tidak ada Tuhan selain dia, yang menghidupkan dan mematikan”.
(QS.VII Al-A’raaf ; 158)

Firman Allah Taala :
Artinya : “Dan dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan dialah yang (mengatur) pertukaran malam dan siang. Maka apakah kamu tidak memahaminya ?.”
(QS. XXIII Al-Mu’minuun : 80)

Firman Allah Taala :
Dan sesungguhnya benar-benar kamilah yang menghidupkan dan mematikan”.
(QS.XV Al-Hijr ; 23)

dan masih banyak lagi firman-firman Allah yang mengemukakan seperti itu.Ringkasnya, karena kita sebagai makhluk yang masih hidup yang lebih penting marilah kita mengingat kematian dan apa yang akan terjadi sesudah itu. Kecuali bersegeralah untuk melakukan amal shahih sebelum kedatangan kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar